Wednesday 8 February 2017

APA ITU APLIKASI MYOB, YOK KITA PELAJARI...


     Mind Your Own Business (MYOB)
MYOB Accounting adalah sebuah program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat, dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama,”[1] yaitu pemasukan daftar akun, pengaturan, mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca laba rugi dan sebagainya. Pendapat lain mengatakan MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software ).[2]
Program MYOB dapat digunakan secara efektif dan efisien dengan cara memahami proses kerja program kaitannya dengan proses akuntansi. Proses akuntansi dengan MYOB diawali dari kegiatan entry informasi atau data awal perusahaan dan berahir pada kegiatan penyajian laporan keuangan. Fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh MYOB yang biasa digunakan dalam proses akuntansi adalah Accounts, Banking, Sales, Time Billing, Purchases, Payroll, Inventory, dan Card File.
MYOB Accounting mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan dengan perangkat lunak lainnya yang sejenis, diantaranya adalah sebagai berikut:
a.       Mudah digunakan. Program MYOB ini dimengerti oleh seorang pemula yang hanya memiliki pengetahuan terbatas mengenai komputer dan akuntasi. Selain itu program MYOB ini mudah untuk dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan.
b.      Dapat menyajikan laporan keungan secara otomatis, lengkap dan akurat kapanpun diperlukan karena program ini terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan yang dibuat secara otomatis yang meliputi neraca saldo, neraca, laporan laba rugi, laporan pembelian dan penjualan, daftar piutang, jurnal transaksi, persedian barang, dan sebagainya sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.
c.       Sistem keamanan yang terjamin karena dilengkapi dengan adanya akses kemanan seperti pasaword.
d.      Mempunyai kemampuan export data ke program Microsoft Excel maupun Microsoft Word, sehingga laporannya dapat dicetak melalui program-program tersebut.
e.       Mampu menampilkan data secara cepat dan mudah, dilengkapi dengan fasilitas audit trail maupun transaction trail untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar komputer atau dicetak ke printer.
MYOB bermanfaat untuk mempermudah menyusun laporan keuangan perusahaan dengan efisien dan cepat. Kuntungannya menggunakan software ini adalah kecepatan dalam mengelola data dan terkadang data sudah dilakukan secara otomatis oleh komputer bila dibandingkan menggunakan cara manual. Penggunaan komputer juga memiliki ketepatan tinggi. Aplikasi komputer akuntansi juga mampu menghasilkan dan menampilkan data yang mudah dan cepat.




[1] Arvian Triantoro, Sukses Membuat Laporan Keuangan Dengan MYOB V. 17, (Bandung: Alfabeta, 2009), h. 2.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts