Wednesday 5 August 2015

Manajemen Pemasaran (UMKM)



Manajemen Pemasaran (UMKM)
A.    Pengertian Pemasaran
Seringkali orang masih rancu tentang pengertian pemasaran. Mereka seringkali menggunakan istilah pemasaran untuk kegiatan periklanan atau penjualan. Semuanya itu sebenarnya hanyalah merupakan bagian dari kegiatan pemasaran. Penjualan sebenarnya hanyalah merupakan salah satu bagian kegiatan pemasaran, yaitu hanya menyangkut kegiatan transaksi yang sesungguhnya dilakukan. Periklananan merupakan salah satu metode kegiatan promosi yang merupakan bagian lain dari kegiatan pemasaran, yaitu menyangkut aktivitas komunikasi. Sedangkan pemasaran meliputi masalah penetapan produk, harga, saluran distribusi dan promosi oleh perusahaan, selain kegiatan penjualan di atas.
American Marketing Association (AMA) mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan rencana penetapan harga, promosi, dan distribusi dari ide-ide, barang-barang, dan jasa-jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individual dan organisasional.
Sedangkan Philip Kotler (1997) mendefinisikan pemasaran sebagai proses sosial dan manajerial yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran dan pertukaran produk-produk yang bernilai dengan yang lainnya.
Dari beberapa penjelasan di atas, pada dasarnya pokok pemikiran pemasaran adalah penyelenggaraan kemampuan perusahaan dengan kebutuhan para pelanggan untuk mencapai tujuan perusahaan. (Malcolm HB Mc Donald, 1987).

B.     Pengertian Manajemen Pemasaran
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (American Marketing Association), manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi; penetapan harga; promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran perorangan dan organisasi (Philip Kotler, 1997).
Definisi ini memandang manajemen sebagai suatu proses yang meliputi analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian; bahwa ia mencakup gagasan, barang  dan jasa; bahwa manajemen pemasaran dilandasi oleh gagasan pertukaran; dan bahwa tujuannya adalah menghasilkan kepuasan bagi pihak-pihak yang terlibat.
Citra yang populer tentang manajer pemasaran adalah bahwa ia merupakan pejabat yang tugasnya terutama merangsang permintaan akan produk perusahaan. Tetapi, ini terlampau sempit untuk tugas pemasaran yang begitu beragam yang dilakukan para manajer pemasaran. Manajemen pemasaran mempunyai tugas untuk mempengaruhi tingkat, saat, serta komposisi permintaan sedemikian rupa sehingga akan membantu organisasi mencapai sasarannya. Manajemen pemasaran pada dasarnya adalah manajemen terhadap permintaan (demand management).

No comments:

Post a Comment

Popular Posts