Wednesday 5 August 2015

Konsumen dan Perilaku Konsumen



Konsumen dan Perilaku Konsumen
Manajemen pemasaran membahas tentang seluruh usaha guna menggerakkan produk barang atau jasa dari produsen ke konsumen atau pengguna akhir. Kegiatan pemasaran juga berusaha menjelaskan bagaimana konsumen bisa mencapai produsen.
Konsumen adalah individu dan atau institusi yang membeli produk barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya konsumen memiliki sejumlah perilaku, yang dalam literatur sering disebut dengan perilaku konsumen (consumers behavior). Para pelaku usaha perlu mempelajari dan memahami perilaku konsumen. Dengan memahami dan mempelajari perilaku konsumen, maka pelaku usaha dapat memperkirakan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Pada umumnya rencana strategi yang akan dijalankan para pemimpin perusahaan didasarkan kepada hasil penelitian terhadap perilaku konsumen. Terutama memahami berbagai faktor yang akan mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli atau tidak membeli.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen tersebut terdiri dari faktor internal individu dan faktor eksternal individu. Faktor internal individu meliputi, motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian dan sikap. Sedangkan faktor eksternal individu dikategorikan dalam dua kelompok, yakni upaya pemasaran perusahaan dan lingkungan sosial budaya. Upaya pemasaran perusahaan merupakan seluruh kegiatan yang dilakukan penjual agar produk yang dihasilkan terserap pasar. Sedangkan lingkungan sosial budaya, meliputi keluarga, sumber informasi informal, sumber informasi non komersial lainnya dan kelas sosial (Schiffman-Kanuk, 2000).

No comments:

Post a Comment

Popular Posts