Konsumen dan Perilaku Konsumen
Manajemen pemasaran membahas tentang seluruh usaha
guna menggerakkan produk barang atau jasa dari produsen ke konsumen atau
pengguna akhir. Kegiatan pemasaran juga berusaha menjelaskan bagaimana konsumen
bisa mencapai produsen.
Konsumen adalah individu dan atau institusi yang
membeli produk barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dalam
memenuhi kebutuhan dan keinginannya konsumen memiliki sejumlah perilaku, yang
dalam literatur sering disebut dengan perilaku konsumen (consumers behavior). Para pelaku usaha perlu mempelajari dan
memahami perilaku konsumen. Dengan memahami dan mempelajari perilaku konsumen,
maka pelaku usaha dapat memperkirakan apa yang dibutuhkan dan diinginkan
konsumen. Pada umumnya rencana strategi yang akan dijalankan para pemimpin
perusahaan didasarkan kepada hasil penelitian terhadap perilaku konsumen.
Terutama memahami berbagai faktor yang akan mempengaruhi konsumen dalam
mengambil keputusan untuk membeli atau tidak membeli.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen tersebut terdiri dari faktor internal individu dan faktor eksternal
individu. Faktor internal individu meliputi, motivasi, persepsi, pembelajaran,
kepribadian dan sikap. Sedangkan faktor eksternal individu dikategorikan dalam
dua kelompok, yakni upaya pemasaran perusahaan dan lingkungan sosial budaya.
Upaya pemasaran perusahaan merupakan seluruh kegiatan yang dilakukan penjual
agar produk yang dihasilkan terserap pasar. Sedangkan lingkungan sosial budaya,
meliputi keluarga, sumber informasi informal, sumber informasi non komersial
lainnya dan kelas sosial (Schiffman-Kanuk, 2000).
No comments:
Post a Comment