Wednesday 5 August 2015

Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Usaha Kecil



A.    Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Usaha Kecil
Industri kecil sebagian besar menderita dan gagal di bagian pemasaran karena ketiadaan strategi pemasaran yang tepat.Dalam era globalisasi unit-unit kecil harus bersaing dengan perusahaan menengah, besar dan asing karena mereka menghadapi persaingan langsung atau tidak langsung dari perusahaan-perusahaan tersebut.
Pelanggan menjadi lebih kuat karena semakin banyaknya pilihan produk yang tersedia dan kekuatan tawar-menawar yang muncul menciptakan persaingan yang ketat di pasar lokal dan asing.
Oleh karena itu, karena persaingan yang semakin meningkat ada kebutuhan untuk memilih strategi yang tepat terutama dalam bauran pemasaran bagi keberhasilan organisasi untuk tetap beroperasi dan kompetitif di pasar.
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi serta ditambah dengan pendukung fisik, proses dan orang.
1)      Bauran Produk
Produk ini memberikan nilai utama untuk pelanggan. Produk adalah seperti mata uang yang pada akhirnya akan dipertukarkan karena pelanggan menginginkan produk dan perusahaan menginginkan uang tunai dari pelanggan untuk melanjutkan upaya bisnis. Pemilihan produk dalam industri manufaktur dibuat atas dasar faktor lama yang dimulai dengan strategi manufaktur, perhatian lebih untuk kualitas produk, fleksibilitas proses, kehandalan pengiriman, dan pengaruh biaya manufaktur perusahaan.
Pelanggan tertarik pada perusahaan karena produk atau jasa yang dihasilkannya. Produk berkualitas rendah dan usang tidak akan lagi membantu dalam kelangsungan hidup. Produk yang diproduksi oleh unit-unit ukuran yang berbeda bervariasi dalam hal fitur dan kinerja secara keseluruhan. Pemilihan ukuran/teknik produksi harus dibuat antara ukuran/teknik yang paling dekat dengan yang disukai, mengingat arah di mana produk divisualisasikan untuk bergerak di masa depan.
Sektor skala kecil harus mengidentifikasi daerah di mana industri kecil tidak memiliki persaingan dari industri besar di pasar.Sebuah elemen penting dari strategi produk adalah pengembangan produk baru dengan berbagai produk baru dan lini produk.Perusahaan perlu untuk menggantikan produk usang dengan desain produk baru, tampilan kemasan baru, kualitas yang baik, dan produk dengan merek.Dalam era modern, masalah yang muncul dalam manajemen produk seperti teknologi, penetapan merek, membangun merek, dan meningkatnya produk asing harus dikejar dengan bantuan alat dan strategi moderat.
2)      Bauran Harga
Keberhasilan dalam pemasaran tergantung pada strategi harga yang diadopsi oleh perusahaan karena pelanggan membangun hubungan yang kuat antara harga dan kualitas.Kebijakan harga bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar. Jika harga produk melebihi di atas harga pasar, maka pembeli akan meninggalkannya, tetapi jika harga kompetitif maka akan memiliki kesempatan yang lebih baik dimana akan terjual dengan cepat.
Harga merupakan salah satu masalah utama dari manajemen pemasaran.Harga merupakan bagian integral dari pemasaran yang menghasilkan pendapatan, sementara tiga P lain (Product, Place, Promotion) terkait dengan biaya.Oleh karena itu, pemasar harus sangat berhati-hati tentang keputusan penetapan harga, dan produk harus ditawarkan dengan harga yang sangat kompetitif setelah melakukan perbandingan dan analisis pasar.
3)      Bauran Distribusi
Industri skala kecil membutuhkan restrukturisasi dan memerlukan pengintegrasian sumber daya, kontrak manufaktur, dan fasilitas penelitian untuk sektor ini.Bauran distribusi terdiri dari pengaturan yang cocok untuk kelancaran arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen.Produk harus tersedia pada waktu yang tepat dalam jumlah yang tepat dan di tempat yang tepat. Tempat mengacu pada keputusan organisasi yang berkaitan dengan lokasi outlet, metode transportasi dan tingkat persediaan yang akan diadakan. Penggunaan perantara sebagian besar bermuara pada efisiensi unggul mereka dalam membuat banyak barang tersedia dan dapat diakses oleh target pasar. Melalui kontak dengan perantara pasar, pengalaman, spesialisasi, dan skala operasi, menawarkan pada perusahaan suatu pencapaian yang lebih dari yang biasanya dapat dicapai sendiri.Jadi perusahaan harus memutuskan tentang penggunaan saluran yang berbeda dalam mentransfer barangnya ke konsumen.
4)      Bauran Promosi
Dengan metode promosi, pelanggan yang dituju dibuat sadar akan keberadaan produk dan fitur terkait lainnya dan manfaat dari produk. Organisasi modern mengelola sistem komunikasi pemasaran yang kompleks. Konsumen terkadang memposisikan produk dalam pikiran mereka dengan cara yang sama sekali berbeda dan tidak diinginkan oleh produsen karena informasi disaring dan citra yang diciptakan oleh iklan mungkin berbeda dari atribut produk. Perusahaan berkomunikasi dengan perantaranya, konsumen dan berbagai publik.Jadi, bauran promosi terdiri dari alat-alat besar seperti periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, personal selling dan banyak lagi.
Terlepas dari metode periklanan, iklan melalui ponsel adalah inovatif dan merupakan pendekatan berfokus pelanggan yang dapat digunakan untuk menjangkau pelanggan yang menjanjikan.Ini termasuk iklan dalam bentuk layanan pesan singkat (SMS), pemberitahuan mobile, multimedia, layanan pesan dll.Penggunaan iklan ponsel dapat efektif biaya, fleksibel untuk menginformasikan pada kelompok sasaran dan membantu dalam umpan balik yang pada akhirnya membantu dalam mengingat suatu merek.Biasanya, perusahaan membuat kontak pertama dengan pelanggan melalui upaya promosinya. Menggunakan alat-alat  dan metode promosi yang tepat akan membantu posisi produk organisasi di pasar sasaran.
5)      Bauran Pendukung Fisik (Physical Evidents)
Pendukung fisik, sesuai dengan namanya merupakan seluruh barang dan atau peralatan nyata yang digunakan pemberi jasa dalam rangkaian penjualan produk jasa. Sebagai ilustrasi disini dicontohkan dengan sebuah rumah makan. Pembeli akan mencoba menilai kualitas ruamah makan dari seluruh peralatan yang digunakan, mulai dari tempat parkir, ruang makan, toilet, tempat sholat, tempat cuci tangan, meja, kursi, tempat kasir, tempat makanan yang siap saji yang seluruhya bersih, tertata, berfungsi dengan baik dan lain sebagainya.
6)   Bauran Proses
Proses merupakan seluruh urutan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam memberikan produk jasa kepada konsumen. Dengan mengambil iluetrasi pada rumah makan seperti di atas, maka proses dimulai sejak konsumen pembeli memasuki halaman rumah makan dan ingin memarkir kendaraannya dengan mudah dan aman. Sekalipun tidak tersedia petugas parkir, seyogyanya rumah makan telah menyediakan ruang parkir yang mudah bagi pengunjung.
7)   Bauran Orang
Orang yang dimaksud disini yaitu pekerja, petugas, pegawai pelaksana, staf, serta tenaga ahli yang berhadapan langsung dengan konsumen. Betapapun canggih dan lengkapnya seluruh peralatan fisik yang digunakan untuk mendeliveri produk jasa, dan betapapun baiknya konsep proses pelayanan yang telah ditetapkan, akan tetapi faktor yang paling menetukan adalah manusianya.

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2010. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Nitisusastro, Mulyadi. 2009. Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
                              
http://bisnisukm.com/menyusun-konsep-marketing-untuk-usaha-kecil.html
http://blog.ub.ac.id/andreasbudiarto/2011/12/12/strategi-pemasaran-dalam-industri-skala-kecil/   
http://riyanikusuma.wordpress.com/2010/11/05/bisnis-kecil-dan-bauran-pemasaran-pada-produk-donat-bakar/
 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts