A. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Usaha Kecil
Industri kecil sebagian besar menderita dan
gagal di bagian pemasaran karena ketiadaan strategi pemasaran yang tepat.Dalam
era globalisasi unit-unit kecil harus bersaing dengan perusahaan menengah,
besar dan asing karena mereka menghadapi persaingan langsung atau tidak
langsung dari perusahaan-perusahaan tersebut.
Pelanggan menjadi lebih kuat karena semakin
banyaknya pilihan produk yang tersedia dan kekuatan tawar-menawar yang muncul
menciptakan persaingan yang ketat di pasar lokal dan asing.
Oleh karena itu, karena persaingan yang semakin
meningkat ada kebutuhan untuk memilih strategi yang tepat terutama dalam bauran
pemasaran bagi keberhasilan organisasi untuk tetap beroperasi dan kompetitif di
pasar.
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah variabel-variabel yang dapat dikendalikan
oleh perusahaan, yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi serta
ditambah dengan pendukung fisik, proses dan orang.
1) Bauran
Produk
Produk ini memberikan nilai utama untuk
pelanggan. Produk adalah seperti mata uang yang pada akhirnya akan
dipertukarkan karena pelanggan menginginkan produk dan perusahaan menginginkan
uang tunai dari pelanggan untuk melanjutkan upaya bisnis. Pemilihan produk
dalam industri manufaktur dibuat atas dasar faktor lama yang dimulai dengan
strategi manufaktur, perhatian lebih untuk kualitas produk, fleksibilitas
proses, kehandalan pengiriman, dan pengaruh biaya manufaktur perusahaan.
Pelanggan tertarik pada perusahaan karena
produk atau jasa yang dihasilkannya. Produk berkualitas rendah dan usang tidak
akan lagi membantu dalam kelangsungan hidup. Produk yang diproduksi oleh
unit-unit ukuran yang berbeda bervariasi dalam hal fitur dan kinerja secara
keseluruhan. Pemilihan ukuran/teknik produksi harus dibuat antara ukuran/teknik
yang paling dekat dengan yang disukai, mengingat arah di mana produk
divisualisasikan untuk bergerak di masa depan.
Sektor skala kecil harus mengidentifikasi
daerah di mana industri kecil tidak memiliki persaingan dari industri besar di
pasar.Sebuah elemen penting dari strategi produk adalah pengembangan produk
baru dengan berbagai produk baru dan lini produk.Perusahaan perlu untuk menggantikan
produk usang dengan desain produk baru, tampilan kemasan baru, kualitas yang
baik, dan produk dengan merek.Dalam era modern, masalah yang muncul dalam
manajemen produk seperti teknologi, penetapan merek, membangun merek, dan
meningkatnya produk asing harus dikejar dengan bantuan alat dan strategi
moderat.
2) Bauran
Harga
Keberhasilan dalam pemasaran tergantung pada
strategi harga yang diadopsi oleh perusahaan karena pelanggan membangun
hubungan yang kuat antara harga dan kualitas.Kebijakan harga bertujuan untuk
meningkatkan pangsa pasar. Jika harga produk melebihi di atas harga pasar, maka
pembeli akan meninggalkannya, tetapi jika harga kompetitif maka akan memiliki
kesempatan yang lebih baik dimana akan terjual dengan cepat.
Harga merupakan salah satu masalah utama dari
manajemen pemasaran.Harga merupakan bagian integral dari pemasaran yang
menghasilkan pendapatan, sementara tiga P lain (Product, Place, Promotion)
terkait dengan biaya.Oleh karena itu, pemasar harus sangat berhati-hati tentang
keputusan penetapan harga, dan produk harus ditawarkan dengan harga yang sangat
kompetitif setelah melakukan perbandingan dan analisis pasar.
3) Bauran
Distribusi
Industri skala kecil membutuhkan
restrukturisasi dan memerlukan pengintegrasian sumber daya, kontrak manufaktur,
dan fasilitas penelitian untuk sektor ini.Bauran distribusi terdiri dari
pengaturan yang cocok untuk kelancaran arus barang dan jasa dari produsen ke
konsumen.Produk harus tersedia pada waktu yang tepat dalam jumlah yang tepat
dan di tempat yang tepat. Tempat mengacu pada keputusan organisasi yang
berkaitan dengan lokasi outlet, metode transportasi dan tingkat persediaan yang
akan diadakan. Penggunaan perantara sebagian besar bermuara pada efisiensi
unggul mereka dalam membuat banyak barang tersedia dan dapat diakses oleh
target pasar. Melalui kontak dengan perantara pasar, pengalaman, spesialisasi,
dan skala operasi, menawarkan pada perusahaan suatu pencapaian yang lebih dari
yang biasanya dapat dicapai sendiri.Jadi perusahaan harus memutuskan tentang
penggunaan saluran yang berbeda dalam mentransfer barangnya ke konsumen.
4) Bauran
Promosi
Dengan metode promosi, pelanggan yang dituju
dibuat sadar akan keberadaan produk dan fitur terkait lainnya dan manfaat dari
produk. Organisasi modern mengelola sistem komunikasi pemasaran yang kompleks.
Konsumen terkadang memposisikan produk dalam pikiran mereka dengan cara yang
sama sekali berbeda dan tidak diinginkan oleh produsen karena informasi
disaring dan citra yang diciptakan oleh iklan mungkin berbeda dari atribut
produk. Perusahaan berkomunikasi dengan perantaranya, konsumen dan berbagai
publik.Jadi, bauran promosi terdiri dari alat-alat besar seperti periklanan,
promosi penjualan, hubungan masyarakat, personal selling dan banyak lagi.
Terlepas dari metode periklanan, iklan melalui
ponsel adalah inovatif dan merupakan pendekatan berfokus pelanggan yang dapat
digunakan untuk menjangkau pelanggan yang menjanjikan.Ini termasuk iklan dalam
bentuk layanan pesan singkat (SMS), pemberitahuan mobile, multimedia, layanan
pesan dll.Penggunaan iklan ponsel dapat efektif biaya, fleksibel untuk
menginformasikan pada kelompok sasaran dan membantu dalam umpan balik yang pada
akhirnya membantu dalam mengingat suatu merek.Biasanya, perusahaan membuat
kontak pertama dengan pelanggan melalui upaya promosinya. Menggunakan
alat-alat dan metode promosi yang tepat akan membantu posisi produk
organisasi di pasar sasaran.
5) Bauran Pendukung Fisik (Physical Evidents)
Pendukung fisik,
sesuai dengan namanya merupakan seluruh barang dan atau peralatan nyata yang
digunakan pemberi jasa dalam rangkaian penjualan produk jasa. Sebagai ilustrasi
disini dicontohkan dengan sebuah rumah makan. Pembeli akan mencoba menilai
kualitas ruamah makan dari seluruh peralatan yang digunakan, mulai dari tempat
parkir, ruang makan, toilet, tempat sholat, tempat cuci tangan, meja, kursi,
tempat kasir, tempat makanan yang siap saji yang seluruhya bersih, tertata,
berfungsi dengan baik dan lain sebagainya.
6) Bauran
Proses
Proses merupakan seluruh urutan kegiatan yang
dilakukan perusahaan dalam memberikan produk jasa kepada konsumen. Dengan
mengambil iluetrasi pada rumah makan seperti di atas, maka proses dimulai sejak
konsumen pembeli memasuki halaman rumah makan dan ingin memarkir kendaraannya
dengan mudah dan aman. Sekalipun tidak tersedia petugas parkir, seyogyanya
rumah makan telah menyediakan ruang parkir yang mudah bagi pengunjung.
7) Bauran
Orang
Orang yang dimaksud disini yaitu pekerja,
petugas, pegawai pelaksana, staf, serta tenaga ahli yang berhadapan langsung
dengan konsumen. Betapapun canggih dan lengkapnya seluruh peralatan fisik yang
digunakan untuk mendeliveri produk jasa, dan betapapun baiknya konsep proses pelayanan
yang telah ditetapkan, akan tetapi faktor yang paling menetukan adalah
manusianya.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2010. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Nitisusastro,
Mulyadi. 2009. Kewirausahaan &
Manajemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.
http://bisnisukm.com/menyusun-konsep-marketing-untuk-usaha-kecil.html
http://riyanikusuma.wordpress.com/2010/11/05/bisnis-kecil-dan-bauran-pemasaran-pada-produk-donat-bakar/
No comments:
Post a Comment