Wednesday 5 August 2015

Analisis wirausaha dalam era globalisasi dan inovasi



Analisis wirausaha dalam era globalisasi dan inovasi
Setelah kita sama-sama mengenal dan mengetahui wirausaha itu sendiri, sekarang bagaimana wirausaha dalam era globalisasi dan inovasi.
Kembali kita melihat pengertian wirausaha berdasarkan pendapat peter f. Drucker mengatakan bahwa kewirausahawaan merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
Sedangkan menurut zimmerer mengartikan kewirausahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha).
Seorang wirausahawan selalu berfikir untuk mencari peluang, memanfaatkan peluang usaha yang dapat memberikan keuntungan. Kerugian merupakan hal biasa, karena factor kerugian selalu ada. Bahkan, bagi mereka semakin besar resiko kerugian yang akan dihadapi, semakin besar pula peluang keuntungan yang dapat diraup.
Dari pengertian diatas maka dapat kita berikan contoh, bagaimana sehingga wirausahawaan itu mampu bertahan dalam eraglobalisasi dan inovasi sekarang ini.
Contoh : seorang yang bekerja disebuah perusahaan, rangga umara, namun karena perusaahan dalam keadaan yang tidak sehat maka banyak karyawaan yang di PHK, tidak terkecuali rangga umara, hanya menunggu giliran saja. Dalam keadaan seperti itu maka rangga umara berfikir bagaimana langkah selanjutnya, sehingga ia pun memutuskan untuk berwirausaha. Berawal dari hobi makan lele maka rangga umara berinisiatif membuka RM pecel lele. Namun bulan-bulan pertama rangga umara masih belum berhasil dengan usahanya tersebut, namun ia tak pernah putus asa walaupun seribu rintangan datang menghadang, sehingga sampai sekarang bisa dilihat keuntungan dan cabang yang dimiliki rangga umara 31 tahun.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts